PERS PILAR KEEMPAT DARI DEMOKRASI, HARUS BERANI MENEGAKAN KEADILAN, KARNA BENAR, INI KATA HARIS

*Pers Pilar Keempat Dari Demokrasi, Harus Berani Menegakan Keadilan, Karena Benar, Ini Kata Haris*

Bekasi-Beritafaktanews

Eksekutif, Yudikatif, Legislatif dan Pers merupakan Pilar Keempat Demokrasi
Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Pers harus berani untuk menyuarakan kebenaran demikian ditegaskan Ketua Berita Fakta News Bekasi Haris Kamis (15/6/2023).

"Saya masih ingat didalam sebuah diskusi 2014 Mahfud MD mengatakan jika dilihat dari Keempat Pilar Demokrasi yang sehat dan bisa diandalkan hanya Pers, melalui media massa," Ujar Haris Ketua Berita Fakta News Bekasi.

Perkataan Mahfud MD ini setidaknya bisa menjadi motivasi kita sebagai pegiat Pers, dalam menjalankan fungsinya baik di mata masyarakat pun pemerintahan Pers harus bisa memposisikan diri ditempat netral, karena Pers Profesional adalah untuk *Indonesia*
Karena *Pers Profesional adalah Pers Pro Rakyat*

Masih kata Haris menjelaskan Pers berperan besar dalam mendorong partisipasi masyarakat serta menjaga kondisi bangsa dalam keadaan kondusif.

Peran Pers dalam Pemerintahan sangat besar,  baik dalam menjalankan dengan sajian berita atau pun informasi dari wartawan yang aktual dan fakta, tanpa memasuki opini.

Haris yang juga sebagai praktisi hukum ini memberi contoh, Di Amerika Serikat, media massa terkadang disebut "Institusi keempat" atau cabang pemerintahan keempat setelah cabang Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif.

"Istilah institusi keempat mencerminkan peran media berita yang tidak resmi , akan tetapi diterima secara luas dalam memberikan informasi kepada warga," Ujar Haris.

Terkait Empat Pilar, Haris merincikan yang dimaksud *Eksekutif* yaitu Presiden, Gubernur, Wali Kota, Bupati serta perangkatnya, *Legislatif* merupakan MPR RI, DPR RI, DPD DI dan DPRD.
*Yudikatif* Mahkamah Agung (MA), Mahkamah Konstitusi (MK), dan komisi Yudisial (KY) sedangkan Pers yakni media massa. Pungkas *(R.01/Ris/Wis)*

Reporter: Haris Pranatha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMALSUAN TANDA TANGAN DAN DOKUMEN MAFIA TANAH

PEMALSUAN DOKUMEN / MAFIA TANAH PT. MINTRATEL / TELKOMSEL BERTANGGUNGJAWAB TUTUP PT ANDA KLU TRADISI YANG DI PAKAI, MERAMPOK.

Surat Terbuka pertama 1,kepada ketua Umum Pemuda Pancasila.KPH.H.Japto S.Soerjosoemarno.SH